Operator pada Java.

Operator pada Java.
Java mempunyai banyak sekali jenis operator, kita akan membaginya kedalam beberapa grup yaitu :
  • Operator aritmatika
  • Operator relasi
  • Operator logikal.
Operator aritmatika
Operator ini digunakan untuk menghitung seperti pada matematika biasanya pada Java.
Untuk contoh kali ini, kita anggap variable B adalah 20, dan variable C adalah 10.
OperatorDeskripsiContoh
+ (Penjumlahan)Menambahkan variable x dan y.A + B akan menghasilkan 30
- (Pengurangan)Mengurangi angka/var yang ada disebelah kiri operator dengan yang disebalah kanan ( dari sudut panjang anda ).A - B akan menghasilkan -10
* (Pengkalian)Mengkalikan angka/variable.A * B akan menghasilkan 200
/ (Pembagian)Membagikan angka/variable.B / A akan menghasilkan 2
% (Modulus)Membagikan angka/variable dan menampilkan sisa dari pembagian tersebut yang tidak bisa dibagi lagi.B % A akan menghasilkan 0
++ (Penambahan)Menambahkan 1 pada angka/variable.B++ akan menghasilkans 21
-- (Susutan)Mengurangkan 1 pada angka/variable.B-- akan menghasilkan 19
Operator Relasi.
Operator yang membandingkan sebuah variable dengan variable lainya.
Seperti tadi, B adalah 20, dan A adalah 10.

OperatorDeskripsiContoh
== (sama dengan)Check jika nilai dari variable tersebut sama atau tidak, jika sama, maka kondisi akan menjadi true.(A == B) tidak benar.
!= (tidak sama dengan)Checks if the values of two operands are equal or not, if values are not equal then condition becomes true.
Check jika nilai dari variable itu sama atau tidak, jika tidak sama, maka kondisi akan menjadi true.
(A != B) benar.
> (lebih besar dari)Checks if the value of left operand is greater than the value of right operand, if yes then condition becomes true.
Check jika variable yang ada pada kiri lebih besar nilainya dari pada yang berada pada sisi kanan, jika benar, maka kondisi akan menjadi true.
(A > B) tidak benar.
< (lebih kecil dari)Check jika variable yang ada pada kiri lebih kecil nilainya dari pada yang berada pada sisi kanan, jika benar, maka kondisi akan menjadi true.(A < B) benar.
>= (lebih besar atau sama dengan)Check jika variable yang ada pada kiri lebih besar atau sama nilainya dari pada yang berada pada sisi kanan, jika benar, maka kondisi akan menjadi true.(A >= B) tidak benar.
<= (lebih kecil atau sama dengan)Check jika variable yang ada pada kiri lebih kecil atau sama nilainya dari pada yang berada pada sisi kanan, jika benar, maka kondisi akan menjadi true.(A <= B) benar.
Operator Logikal.
Tabel dibawah adalaha deskripsi dan jenis dari operator logikal.
Pada contoh ini, B adalah false, dan A adalah true.

OperatorDeskripsiContoh
&& (logika dan)Membandingkan 1 kondisi terlebih dahulu, dan membandingkan lagi 1 kondisi disamping kanan operator, jika kedua kondisi bernilai true, maka kondisi akan bernilai true, jika salah 1 kondisi bernilai false, maka kondisi akan bernilai false.(A && B) adalah  false
|| (logical atau )Membandingkan kedua kondisi, jika salah 1 kondisi bernilai true, maka kondisi akan bernilai true, jika salah 1 false dan 1 lagi true, maka kondisi akan bernilai true.(A || B) adalah  true
! (logical tidak)Called Logical NOT Operator. Use to reverses the logical state of its operand. If a condition is true then Logical NOT operator will make false.
Digunakan untuk membalikan keadaan logis sebuah operan, jika kondisi dalam operator NOT adalah true, maka operator NOT akan membuat kondisi tersebut menjadi false
!(A && B) adalah true

Share on Google Plus

About Nyanime

0 comments:

Post a Comment